Jumat, 19 Oktober 2012

alam kosmos



Alam kosmos
Seluruh alam yang dapat kita tangkap dengan panca indera kita dinamai “kelompok matahari” karena mataharilah yang menjadi induk atau pusar, karena mataharilah yang terbesar, yang hebat dan terpenting.
Disekitar matahari terdapat 99 palnet, 22 satelit dan berjuta juta bintang, kecil besar semuanya berputar disekeliling matahari dengan jarak yang berlainan, semuanya dinamai dengan kelompok matahari.
Firman Allah dalam surat al-mulk 1-5.
1.      Maha tinggi tuhanyang digenggamNya terletak seluruh kekuasaan, dan dialah yang menguasai segala sesuatu.
2.      Dialah yang menjadikan mati dan hidup, untuk mencoba siapakah diantara kamu yang paling baik amal perbuatanya. Dan ia maha gagah dan lagi maha pengampun.
3.      Ia-lah yang menciptakan 7 langit bertingkat  tingkat, engkau tak akan melihat kejanggalan di dalam ciptaan tuhan yang maha pemurah itu. Maka ulangilah memandangnya, adakah engkau melihat cacat padanya.
4.      Kemudian ulangilah memandangnya 2 kalilagi, niscaya penglihatan akan melihat kepadamu yang akan merendahkan diri dan hampa(tidak mendapatkan cacat yang dicari )
5.      Sessungguhnya Kami (Allah) telah biasi langi dunia dengan pelita pelita dan kami jadikan ia menjadi lontarn lontaran terhadap setan setan, dan kami sediakan kepada mereka azab (yang merpakan ) pembakaran.
Lebih lebih kalau kita menyaksikan alam semesta ini dengan ilmu pengetahuan akan lebih mengagumkan, sehingga akan lebih jelas kekuasaan Allah terdiri dari benda padat seperti bumi yang kita diami ini, berikut 9 planet tersebut : Mercuri, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto.
Menurut penyelidikan terakhir, bahwa bintang yang terdekat di bumi tidak dapat ditulis dengan angka-angka bila diukur dengan mil, sebab akan terlalu panjang, dan amat susah mengingatnya. Seperti yang dijelaskan dalam Al Qqur’an “ aku allah bersumpah dengan leta letak ( jarak – jarak ) antara bintang bintang. Sesungguhnya itu adalah suatu sumpah yang besar sekiranya kamu mengetahui. “ ( al- Waqia ; 75-76)
Dan sesungguhnya bila kita manusia memikirkan kejadian dan keadaan alam angkasa yang maha hebat, luas dan besar ini, maka tidak mungkin ada manusia yang tidak kagum, kalau ada manusia yang kagum terhadap  kebesaran alam,tetapi tidak kagum terhadap kebesaran Allah yang menciptakannya, maka inilah manusia yang dikatakan Allah lebih bodoh dan lebih jahat daripada binatang. “ sesungguhnya kami (Allah ) sudah sediakan neraka jahanam bagi banyak jin dan manusia, mereka mempunyai kalbu tapi tidak dapat berpikir dengannya, mereka mempunyai mata tapi tidak dapat melihat, mereka mempunyai telingah tapi tidak dapat mendengar, mereka itu seperti binatang bahkan lebih sesat, dan merekalah orang orang yang lalai. ( Al A’raf : 179 )
Ajaran islam mewajibkan pemeluknya mempercayai adanya alam gaib, alam gaib yang dimaksud bukan hanya alam jin dan malaikat, tetapi juga alam akhirat yaitu satu alam yang jauh lebih hebat, lebih luas, dan lebih modern dari alam nyata.
Apa lagi kalau kita bicarakan pula susunan dan cara peredaran masing masing palnet, maka kita jauh seratus atau bahkan seribu kali lebih kagum lagi, sehingga benar kalau semuanya itu kita pelajaridan selidiki, dan semua hasil  penyelidikan itu kita catat atau tuliskan semuanya maka tidak akan cukup samudra luas dijadikan tinta, dan tak cukup seluruh batang, dahan dan ranting kayu jadi  pena. “Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)."(QS. Al Kahfi : 109)
Kalimat tuhan ada 2 macam : ada yang merupakan rangkain kata kata yang dikumpulkan menjadi kitab kitab suci,da nada pula yang merupakan alam semesta, setiap bagin dari alam, baik alam nyata ( benda ) tau alam ghaib, adalah kalimat Allah, karena semuanya itu diciptakan Allah dengan klaimahnya. “Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: Jadilah!” maka terjadilah ia.”( yasin : 82 )
Letaknya
Bulan terletak dengan jarak 240.00 mil dari bum. Bila mendekat sedikit saja melampaui jarak yang sekarang ini, dipermukaan bumi ini akan terjadi banyak malapetaka yang merupakan penyakit penyakit dan naiknya pasang air laut yang luar biasa.
Siapakah gerangan yang menentukan jarak yang tepat itu selain Allah ? pernakah manusia yang bagaimana juga tinggi pengetahuan dan besar kekuasaanya menetukan letak bumi dan bulan ? jangankan menentukan letak bumi, bulan dan planet, manusia tak perna menetukan sendiri akan letak panjang dan hidungnya sendiri. Semua itu Allah lah yang menentukannya
Firman Allah dalam surta yasin 38-40
38. dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.
39. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua.
40. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.
            Perputaran Bumi
Apalagi sesudah seratus jam berikutnya, sesudah seratus hari atau seratu tahun berikutnya. Bukan hanya semua benda cair yang mendidih, tetapi  seluruh benda padat dan udara akan menjadi apai atau bara api yang bergejolak gejolak, sehinnga bukan hanya manusia, binatang binatang dan tumbuhan akan terbakar, akan tetapi seluruh bumi yang besar ini akan terbakar menjadi abu yang bertebrangan.
Dan apa pulalah gerangan yang akan terjadi sekiranya malam dan gelap terus menerus ? hawa atau udara bukan akan semakin panas tetapi akan semakin dingin, sehingga dalam beberapa ratus jam saja akan mencapai nol derajat, sehingga semua benda akan membeku.
Firman Allah dalam suray al Qashas 71 – 73
71. katakanlah : bagaimana pendapat mu ( apakah yang akan terjadi ) sekiranya allah menjadikan malam terus menerus sampai hari kiamat. Siapakah lagi selain Allah yang mendatangkan sinar (siang ) bagimu. Dan masikah kamu tidak mendengarnya.
72. katakanlah pula : bagaimana pendapat mu sekiranya Allah menjadikan siang terus menerus sampai hari kiamat ? siapakah lagi selain Allah yang mendatangkan malam bagimu agar kamu dapat melepaskan lelah padanya ? apakah kamu masih saja tidak mau melihatnya ( membenarkannya )
73. sebagian dari rahmatNya dipergilirkaNya malam dan siang bagimu, agar kamu dapat istirahat dan bekerja mencari karuniahNya, dan agar kamu bersyukur.
            Perputarn Bumi di sekitar Matahari
Dalam perputannya keliling matahari ini, bumi kadang kadang miring keutara dan kadang kadang miring keselatan. Karena kemiringan utara dan keselatan ini, kita lihat matahari tidak tetap berada digaris khatulistiwa selamanya.
Bila matahai berada diutara khatulistiwa terjadilah musim panas disebelah utara dan musim dingin disebelah bumi bagian selata. Dan matahari berada diselatan terjadilah musim panas dibelahan bumi selatan dan musim dingin sebelah bumi bagian utara.
Demikianlah besar rahmatnya Allah yang telah memutar bumi dikeliling matahari dan memiringkannya ke utar dan selatan. Satu rahmat besar yang harus kita ingat, jangan hendaknya kita lupakan saja, agar kita selalu dalam keadaan bersyukur terhadap Allah, sehinngah pula selalu dalam keadaan taat dan patuh menjalankan ibadah yang diperintahkannya.
            Alam Mikros
Kita akan kagum, takjub dan heran dengan kekaguman, ketakjuban dan keheranan yang tak terhingga hingga bila mencoba merenungkan, memikirkan dan mempelajari alam kosmos karena besarnya, luasnya dan hebatnya alam kosmos yang tak terbatas sebagai apa yang kita terangkan diatas ini. Tetapi tidak akan kurang kagum takjub dan herannya bila kita mencoba pula merenungkan “ alam mikros” yaitu alam halus, makhlu makhluk kecil.
            Nyamuk
Allah memerintahkan kita merenungkan dan mempelajari kejadian nyamuk yang amat halus itu, tentu saja untuk dapat mengimani dan mengangungjan Allah yang menciptakan, firman Allah (Al baqarah; 26 )
Ya dari kejadian nyamuk saja, dapat dipisahkan dan diperbedahkan antara orang orang yang sesat dan orang orang yang beriman. Begitu juga dengan menurunkan satu bencana dengan memberikan pangkat dan kedudukan. Dalam segala bidang dan ruang, akan nyata perbedaan anatara orang yang beriman dan orang fasiq.
Setelah mempelajari nyamuk yang halus itu, tahulah kita bagaimana telitinya Allah dalam menciptakannya, disesuaikan Allah besar biji mata nyamuk dengan lobang mata tempat memasang mata itu.
            Sperma dan Ovum
Cairan yang sedikit kental dan keputih putihan yang menyemprot dari alat kelamin laki laki (penis) kedalam alat kelamin wanit (vagina) dalam persetubuhan  (intercourse) yang dalam bahasa kita disebut mani, yang sebenarnya adalah terdiri dari 100 sampai 500 million makhlu mkhluk halus yang dinamai sperma ( spermatozoa). Masing masingnya adalah merupakan mkahluk – makhluk hidup yang panjangnya 0.005 mm, mempunyai kepala, leher, badan, ekor, dan bergerak dengan kecepatan sampai 3 mm per minit.
Sperma dan ovum yang sudah menjadi satu (pembuahan) itu lalu dari menit kemenit, jam hari, minggu dan bulan menjadi janin dan palsenta. Dan sesudah berjalan waktu yang biasanya 9 bulan 9 hari, maka lahir lah kedunia merupakan anak bayi yang beranya 2 sampai 3 kg lengkap dengan kepala, badan, kaki, tangan dan senua bagian tubuh manusia.
            Bakteri
Kebanyakan bakteri dari makhluk hidup dapat hidup dalam suhu 30 sampai 37' C. tetapi tidak jarang diantaranya yang dapat hidup dalam suhu rendah, 190 derajat dibawa nol sampai 130 derajat diatas nol. Jadi tidak mati sekalipun direbus dalam air yang mendidih.
Alhamdulillah, munculnya sarjana sarjana denagn penyelidikan penyelidikan yang sulit rumitt dan bertahun tahun membutuhkan nyawa, harta benda yang tak terkira kirakan, telah dapat mengetahui rahasia rahasia berbagai bakteri, sehinnga bahaya bakteri dapat dibatasi, kesehatan dan kehidupan manusia,mendapat lindungan sekedarnya.
Dengan para jasa sarjana tersebut, bukan saja bahaya bakteri dapat dibatasi, tetapi bakteri itu sendiri dapat dilumpuhkan lalu dipergunakan menciptakan kekebalan tubuh manusia sehinnga dapat bertahan atas bahaya bakteri. Ingat anti kolera, disentri, tetanus, TBC.
            Virus
Disamping bakteri, ada lagi makhluk yang lebih halus yang memegang peranan penting dialam diatas dunia ini, yaitu virus, rekkatsia, dan cendawan cendawan. Viruslah yang menyebabkan penyakit cacar, gondongan, influenza, salesma, penyakit lumpuh anak anak dan penyakit anjing gila.
Cendawan termasuk golongan tumnuh tumbuhan, hidup pada tumbuh tumbuhan atau pada manusia menimbulkan berbagai macam penyakit kulit, umpanya panu. Tetapi banyak pula kegunaannya, dibuat menjadi obat obatan. Termasuk obat anti biotik yang dapat menyembuhkan dan mencegah infeksi yang mengancam keselamatan jiwa.
            Hakikat atom
Atom yang dikatakan bagian terkecil yang tak dapat dibagi bagi terbukti masi mempunyai bagian yang lebih kecil lagi dinamai, electron, proton dan neutron.
Proton dan neutron menjadi inti (nucleus) dari atom, sedang elektorn elektronnya berputar mengelilingi intinya dengan kecepatn yang luar biasa. Electron sifatnya suka bererak, sebab itu dia aktif, sedang neutron adalah proton yang kepadanya ditambahkan muatan negative berupakan sebutir electron, sehingga dia dari positf berubah menjadi netrl ( maka dinamai neutron) . sebabitu maka neutron lebih berat dari proton.
Disamping itu gerakan electron yang amat cepat itu selalu menarik electron electron itu keluar oleh tenaga penarik keluar yang dinamai centrifungal. Karena teratuirnya tarikan kedalam dan tarikan keluar, serta pengarunhya neutron – neutron , maka electron electron didalam susunan atom tidak dapat bergabung dengan proton, dan tidak pula dapat melepaskan diri dari susunan. Akibatnya ialah bahwa electron electron ini tetap berputatr putar dengan tak berakhirnya diatas garis peredaran yang tetap pula.
Automatisme didalam inti atom yang begini ini sangat menakjubkan, dan menjadi bukti bahwa dibelakng kecendikiawanan  hikamah kebijaksanaan daripada susunan mekanisme dari bagian bagian inti atom ini pasti ada pengaturannya baru ada perancangannya dan harus ada pelasana atau penciptaannya, yaitu Allah.
Sungguh sudah lanjut dan jauh maju pengetahuan manusia tentang alam kosmos ( ruang angkasa ), alam mikros ( bakteri) dan hakikat atom, dan pengetahuan yang lanjut manusia itu sudah mengetahui banyak rahasia alam nyata atau benda. Tetapi pengetahuan yang sudah begitu lanjut dan maju, sedikitpun belum dapat membukakan rahasia alam hidup, yaitu rahasia pertumbuhan dan perkembang biakan alam tumbuh tumbuhan, alam bianatang dan manusia, manusia buata seratus persen tentang zat hidup, tentang roh, apalagi tentang intelectiva atau alam kesadarn manusia.





Tugas kelompok Filsafat pendidkan Matematika
oleh : Prof . Yahya


RANGKUMAN ALAM KOSMOS


Description: E:\FIKAL\pasca unm\logo unm\unm.jpg

DISUSUN OLEH
                                   
NAMA
ASPIKAL. S.Pd
BESSE INTAN, S.Pd



NIM
12B07002
12B070

PPs UNIVERSITAS NEGRI MAKASSAR
2012/2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar