KURIKULUM PERGURUAN TINGGI (KPT)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN (STKIP) MUHAMMADIYAH BONE
<![if !supportLists]>A.
<![endif]>Visi Program
Studi Pendidikan Matematika
Menjadikan Program Studi
Pendidikan Matematika yang berkualitas dalam menghasilkan tenaga pendidik yang
cerdas dan beriman di wilayah Indonesia Timur pada tahun 2020.
<![if !supportLists]>B.
<![endif]>Misi Program
Studi Pendidikan Matematika
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada
pengembangan IPTEK yang sejalan dengan IMTAK.
- Menyelenggarakan program studi yang bermuara pada
pengembangan penelitian yang terkait dengan ilmu pendidikan.
- Menyelenggarakan
pendidikan guru bidang studi Pendidikan Matematika yang memiliki kemampuan
berpikir secara interdisipliner.
- Menyelenggarakan
penelitian untuk meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa
- Mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihak lain untuk menumbuhkan jiwa
enterpreneurship pada ilmu
kependidikan matematika.
<![if !supportLists]>C.
<![endif]>Tujuan Program Studi
Pendidikan Matematika
<![if !supportLists]>1.
<![endif]>Menghasilkan tenga pedidik yang beriman, bertaqwa,
berakhlak mulia, dan bertanggung jawab serta dapat bekerja secara professional
menuju terwujudnya masyarakat yang Islami.
<![if !supportLists]>2.
<![endif]>Mewujudkan tenaga pendidik/guru yang
memiliki keahlian di bidangnhya, dapat mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu
pengetahuan, budaya dan kesenian sesuai dengan tuntutan bangsa dan ajaran agama
Islam
<![if !supportLists]>3.
<![endif]>Menghasilkan tenaga pendidik
yang berkemampuan berfikir secara interdisipliner
<![if !supportLists]>4.
<![endif]>Mewujudkan kegiatan-kegiatan
penelitian bermutu yang dilakukan tenaga edukatif dan mahasiswa
<![if !supportLists]>5.
<![endif]>Mewujudkan kegiatan-kegiatan
pemberdayaan masyarakat terutama yang terkait dengan persyarikatan dan amal
usaha Muhammadiyah secara khusus dan ummat manusia secara keseluruhan.
<![if !supportLists]>6.
<![endif]>Mewujudkan kerjasama dengan
pihak-pihak lain untuk menumbuhkan jiwa enterpreneurship
pada ilmu Pendidikan Matematika.
<![if !supportLists]>D.
<![endif]>Profil Lulusan Pendidikan
Matematika
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Calon Pendidik Matematika
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Peneliti Pendidikan Matematika
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Entrepreuner
Pendidikan
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Praktisi Pendidikan
<![if !supportLists]>E.
<![endif]>Kurikulum
<![if !supportLists]>F. <![endif]>Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Program Studi Pendidikan
Matematika
SIKAP DAN TATA NILAI
|
|
1
|
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu
menunjukkan sikap religius;
|
2
|
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan
etika;
|
3
|
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
|
4
|
.
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki
nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
|
5
|
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama,
dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
|
6
|
Bekerja
sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulianterhadap masyarakat dan
lingkungan;
|
7
|
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
|
8
|
Menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik;
|
9
|
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas
pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
|
10
|
Menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
|
11
|
Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati
untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan
dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki
motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada
umumnya.
|
12
|
Mempunyai
karakter Islami
|
KETERAMPILAN UMUM
|
|
1
|
Mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya
|
2
|
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan
terukur
|
3
|
Mampu
mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan
keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka
menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
|
4
|
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian
tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan
mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
|
5
|
Mampu
mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang
keahliannya, berdasarkan hasil analisis, informasi dan data.
|
6
|
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja
dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
|
7
|
Mampu
bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan
supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada
pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
|
8
|
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap
kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola
pembelajaran secara mandiri
|
9
|
Mampu
mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk
menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
|
KETERAMPILAN KHUSUS
|
|
1
|
Mampu
merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika
secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika
dan keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS
yang berorientasi pada kecakapan hidup.
|
2
|
Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode
pembelajaran matematika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
|
3
|
Mampu
melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran matematika.
|
4
|
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk
menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika
serta mempublikasikan hasilnya.
|
5
|
Mengaplikasikan
nilai-nilai keislaman dalam pendidikan matematika untuk membangun masyarakat
Indonesia sebagai masyarakat utama yang berdaya saing global
|
PENGUASAAN PENGETAHUAN
|
|
1
|
Menguasai
konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di
pendidikan dasar dan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup.
|
2
|
Menguasai konsep teoretis matematika meliputi
logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori
peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear,
persamaan diferensial, dan metode numerik yang mendukung pembelajaran
matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut.
|
3
|
Menguasai
prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran
matematika.
|
4
|
Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan
manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan
untuk pembelajaran matematika.
|
5
|
Menguasai
metode penelitian pendidikan dan metode penelitian matematika untuk
melaksanakan penelitian pendidikan matematika dan penelitian matematika.
|
6
|
Mampu menguasai nilai-nilai keislaman dalam pendidikan
matematika untuk membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama.
|
7
|
Menguasai
Al Islam dan Kemuhaammadiyahan sebagai nilai – nilai dasar dalam kehidupan.
|
8
|
Menguasai metodologi dan konsep – konsep
matematika yang terkait dengan nilai – nilai Ke-Islaman.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar