Rabu, 03 Agustus 2016

Profil Lulusan Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bone

INFORMASI UMUM
KURIKULUM PERGURUAN TINGGI (KPT)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) MUHAMMADIYAH BONE



<![if !supportLists]>A.    <![endif]>Visi Program Studi Pendidikan Matematika
Menjadikan Program Studi Pendidikan Matematika yang berkualitas dalam menghasilkan tenaga pendidik yang cerdas dan beriman di wilayah Indonesia Timur pada tahun 2020.
<![if !supportLists]>B.     <![endif]>Misi Program Studi Pendidikan Matematika
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada pengembangan IPTEK yang sejalan dengan IMTAK.
  2. Menyelenggarakan  program studi yang bermuara pada pengembangan penelitian yang terkait dengan ilmu pendidikan.
  3. Menyelenggarakan pendidikan guru bidang studi Pendidikan Matematika yang memiliki kemampuan berpikir secara interdisipliner.
  4. Menyelenggarakan penelitian untuk meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa
  5. Mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihak lain untuk menumbuhkan jiwa enterpreneurship pada ilmu kependidikan matematika.
<![if !supportLists]>C.    <![endif]>Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika
<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Menghasilkan tenga pedidik yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab serta dapat bekerja secara professional menuju terwujudnya masyarakat yang Islami.
<![if !supportLists]>2.      <![endif]>Mewujudkan tenaga pendidik/guru yang memiliki keahlian di bidangnhya, dapat mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, budaya dan kesenian sesuai dengan tuntutan bangsa dan ajaran agama Islam
<![if !supportLists]>3.      <![endif]>Menghasilkan tenaga pendidik yang berkemampuan berfikir secara interdisipliner
<![if !supportLists]>4.      <![endif]>Mewujudkan kegiatan-kegiatan penelitian bermutu yang dilakukan tenaga edukatif dan mahasiswa
<![if !supportLists]>5.      <![endif]>Mewujudkan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat terutama yang terkait dengan persyarikatan dan amal usaha Muhammadiyah secara khusus dan ummat manusia secara keseluruhan.
<![if !supportLists]>6.      <![endif]>Mewujudkan kerjasama dengan pihak-pihak lain untuk menumbuhkan jiwa enterpreneurship pada ilmu Pendidikan Matematika.
<![if !supportLists]>D.    <![endif]>Profil Lulusan Pendidikan Matematika
<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Calon Pendidik Matematika
<![if !supportLists]>2.      <![endif]>Peneliti Pendidikan Matematika
<![if !supportLists]>3.      <![endif]>Entrepreuner Pendidikan
<![if !supportLists]>4.      <![endif]>Praktisi Pendidikan
<![if !supportLists]>E.     <![endif]>Kurikulum

<![if !supportLists]>F.      <![endif]>Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Program Studi Pendidikan Matematika
SIKAP DAN TATA NILAI
1
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4
. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
5
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulianterhadap masyarakat dan lingkungan;
7
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
11
Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.
12
Mempunyai karakter Islami
KETERAMPILAN UMUM
1
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
2
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
4
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
5
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis, informasi dan data.
6
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
7
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
8
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
9
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KETERAMPILAN KHUSUS
1
Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika dan keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
2
Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran matematika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
3
Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran matematika.
4
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika serta mempublikasikan hasilnya.
5
Mengaplikasikan nilai-nilai keislaman dalam pendidikan matematika untuk membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama yang berdaya saing global
PENGUASAAN PENGETAHUAN
1
Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup.
2
Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut.
3
Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika.
4
Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran matematika.
5
Menguasai metode penelitian pendidikan dan metode penelitian matematika untuk melaksanakan penelitian pendidikan matematika dan penelitian matematika.
6
Mampu menguasai nilai-nilai keislaman dalam pendidikan matematika untuk membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama.
7
Menguasai Al Islam dan Kemuhaammadiyahan sebagai nilai – nilai dasar dalam kehidupan.
8
Menguasai metodologi dan konsep – konsep matematika yang terkait dengan nilai – nilai Ke-Islaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar