RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD 49 LAPPO ASE
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Pertemuan Ke : 1-6
Alokasi Waktu : 12 x 35 Menit
A. Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan Operasi Hitung Campuran bilangan bulat
C. Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§ Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka
§ Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
§ Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat
§ Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D. Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan Bulat
§ Membaca dan Menulis Bilangan Bulat
§ Operasi Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
§ Operasi Perkalian dan pembagian bilangan bulat positif
§ Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat
E. Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Ekspositori, latihan
F. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke 1-3
§ Kegiatan awal
- Apresepsi/ Motivasi
- Mengingatkan kembali tentang konsep bilangan bulat dan contohnya.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan Operasi Hitung Campuran bilangan bulat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat garis bilangan, melakukan pengamatan apa saja yang terdapat pada garis bilangan tersebut, didiskusikan sampai memperoleh kesimpulan.
F Menjelaskan cara menjumlahkan dan mengurangkan dua bilangan bulat dengan garis bilangan. Setelah itu mendiskusikan cara menjumlahan dan mengurangkan bilangan bulat yang lain sampai didapat kesimpulan.
F Siswa diuji keterampilan dan kemampuan dengan mengerjakan soal-soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 4-6
§ Kegiatan awal
- Apresepsi/ Motivasi
- Mengingatkan kembali tentang konsep bilangan bulat dan contohnya.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan Operasi Hitung Campuran bilangan bulat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi kelas untuk menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat. Guru memberikan kasus-kasus mengenai perkalian dan pembagian bilangan bulat, misalnya: bagaimanakah hasil dari …….
F (+) x (+) contoh 4 x 5 =……
F (+) x (-) contoh 3 x (-7) =….
F dst.
F Memberikan beberapa kasus mengenai operasi hitung campuran terutama operasi hitung campuran penambahan atau pengurangan dengan perkalian atau pembagian, setelah itu mengadakan diskusi kelas dan bersama-sama mencari kesimpulan. Bagaimanakah hasil dari:
Pengerjaan dari kiri Pengerjaan dari kanan
1) (40 + 50) – 70 = apakah hasilnya sama dengan 40 + ( 50 – 70) =…
2) (45 – 45) : 5 = apakah hasilnya sama dengan 45 – (45 : 9) = …
3) (12 x 5) + 6 = apakah hasilnya sama dengan 12 x ( 5 + 6) = …
4) dst.
Lalu kasus-kasus itu didiskusikan lalu bersama-sama mencari aturan dasar dalam operasi hitung campuran.
F Mengadakan percobaan dan diskusi kelas mengenai masalah-masalah yang berhubungan dengan bilangan bulat misalnya masalah jual beli dll.
F Melakukan latihan soal yang memecahkan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 A Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
§ Koin Logam , manik-manik, dll
§ White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka o Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat o Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat o Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat | Tugas IndVidu dan Kelompok | Isian | o – 234 ditulis……………….. o positif lima ratus empat puluh lima ditulis…………… o Buatlah diagram panahnya 4, -5,-3 –10! o Buatlah diagram panah dari operasi 3 + - 10 = n! o –34 + 20 =………… o –20 – 30 = ………… o dst |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
HJ.RATNA ASPIKAL S.Pd
.................................. ..................................
NIP : 1961163 198203 2008 NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar